Site Network: Home | perjalanan | komputer | About

HOT TOPIC

AL’Afuw
( Maha pemaaf)

Manusia adalah makhluk yang memiliki kelemahan. Di antaranya mudah tergelincir untuk berbuat salah. Kapan pun atau di manapun manusia dapat berpikir salah tentang banyak hal,mengembil keputusan yang keliru dan berperilaku secara tidak benar Namun Allah,yang menciptakan manusia, mengetahui segala kelemahan dan kelemahan hamba-Nya. Karenanya, Allah juga memaafkan kesalahan yang di perbuat manusia. Juka Dia tidak”memaafkan” maka tak seorang pun yang benar-benar terbebas dari dosa selama hidupnya di dunia. Jika ini yang terjadi, maka tak satupun manusia yang masuk surga.
Tapi kita tidak boleh lupa bahwa Allah memaafkan hamba-Nya yang ikhlas. Yang penting adalah hendaknya seseorang dengan jujurdan tulus menyerahkan diri kepada Allah, seraya menyadari penuh kelemahan dirinya sendiri. Allah mengampuni dosa-dosa mereka yang sadar dan mengaku segala kesalahan, serta kembali kepada-Nya dengan ikhlas. Allah menyatakan hal ini dalam Al-Quran:”Sesungguhnya taubat di sisi Allah hanyalah taubat bagi orang-orang yang mengerjakan kejahatan lanyaran kejahilan, yang kemudian mereka bertaubat denagn segera, maka mereka itulah yang diterima Allah taubatnya;dan Allah Maha Mengetahui dan Maha Bijaksana (QS An Nisaa’,4:17)
Allah membuka lebar-lebar pintu maaf-Nya, dan senantiasa menganjurkan seluruh umat manusia untuk segera menuju kepada luasnya ampunan Allah dan Surga-Nya. Allah menyeru dalam Al Quran: “Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan ( hartana ), baik diwaktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahya dan memaafkan (keasalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan. Dan (juga) rang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun atas dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui. Mereka itu dalah balasannya adalah ampunan dari Tuhan mereka dan surga yang di dalamnya mengalir sungai-sungai, sedang mereka kekal di dalamnya; dan itulah sebaik-baik pahala orang-orang yang beramal. (QS ali Imran, 3:133-136

0 Comments:

Post a Comment